5 Jenis-Jenis Perumahan di Indonesia Yang Paling Populer

Diposting pada 13 April 2023

Sebelum Anda membeli rumah, sebaiknya pelajari dulu jenis perumahan terpopuler di Indonesia. Mulai dari pengertian dan karakteristiknya.

Supaya tahu betul tentang jenis perumahan yang akan dibeli. Mulai dari keunggulan hingga kekurangannya.

Dengan begitu, Anda sebagai pembeli bisa memilih jenis perumahan terbaik. Ditambah lagi, bisa dapat rumah yang nyaman dan aman.

5 Jenis Perumahan di Indonesia yang Populer

Sebagai pembeli rumah perdana, tentu Anda kadang belum tahu detai jenis peruamahan. Padahal ada banyak jenis perumahan yang wajib diketahui.

Soalnya setiap perumahan punya ciri khas masing-masing. Bahkan perbedaan jenis perumahan, tentu beda juga fasilitas yang disuguhkan.

Berikut 5 jenis perumahan di Indonesia yang paling populer:

1. Perumahan Subsidi

Pertama ada perumahan subsidi. Perumahan yang dibangun dengan subsidi dari pemerintah. Jadi harganya sangat terjangkau. Cicilan Rumah KPR Subsidi juga ringan.

Namun perumahan subsidi ini dibatasi hanya untuk keluarga dengan penghasilan rendah. Tujuannya memang supaya keluarga penghasilan rendah punya rumah yang layak.

Lokasi perumahan subsidi biasanya di pinggiran. Jadi aksesibilitas kurang.

2. Perumahan Cluster

Perumahan cluster terdiri dari beberapa unit rumah dalam satu kawasan. Seperti 100 unit rumah dalam kawasan tertentu.

Biasanya rumah cluster ini dindingnya saling bergabung. Jadi kurang private. Desain rumah pun sama.

Keunggulannya adalah fasilitas internal yang lengkap. Seperti kolam renang, taman bermain, dan gym outdoor.

3. Perumahan Townhouse

Perumahan townhouse adalah komplek perumahan berisi unit rumah yang sedikit.  Paling banyak hanya 30 unit saja. Jadi sangat eksklusif.

 Bisanya dalam Townhouse unit rumahnya juga besar dua lantai dan mewah. Keamanan perumahan pun terjamin. Cocok buat Anda yang mendambakan kawasan perumahan eksklusif.

4. Perumahan Green Living

Perumahan green living adalah perumahan ramah lingkungan. Jadi di kawasan perumahan sistem pengelolaan sampah bagus dan juga ada solar listrik tenaga surya.

Ditambah lagi, lingkungan perumahan ada ruang terbuka hijau yang luas. Bahkan ada danaunya juga. Jadi lebih asri dan sehat.

5. Perumahan Tanah Kavling

Perumahan kavling adalah lahan kosong dengan ukuran tertentu. Lahan kavling tersebut yang sudah dibeli secara sah, bisa dibangun unit rumah.

Biasanya tanah kavling ini berada dalam satu kawasan. Anda sebagai pembeli bisa memilih lahan yang cocok seuai anggaran.

Kesimpulan: Pilih Perumahan Yang Tepat

Itulah 5 jenis perumahan di Indonesia yang populer. Anda bisa beli unit perumahan sesuai dambaan.

Jika ingin hidup dekat alam dan merasakan keasrian, bisa beli unit di perumahan green living.  Buat yang ingin tinggal di lingkungan eksklusif bisa pilih unit di perumahan townhouse.

Bagi Anda yang ingin beli rumah baru dan murah, bisa cek katalog Prime360 sekarang!

ImgWaNow