Dari Pada Sewa Lebih Baik Beli Rumah di Bogor, Banyak Kelemahan Sewa Rumah

Diposting pada 31 August 2022

Beli rumah di Bogor – Untuk permulaan keluarga baru, hal yang wajib jadi prioritas adalah beli rumah. Hunian jadi kebutuhan fundamental untuk keluarga baru membangun interaksi yang nyaman dan harmonis. 

Jika belum punya hunian pribadi, cara paling tepat adalah menyewa rumah. Tentu harus mengeluarkan dana untuk menyewa rumah atau tinggal di kos-kosan.

Namun menyewa rumah dalam jangka panjang adalah keputusan yang salah. Alokasi uang cuma buat bayar hak guna, buka hak milik. 

Alhasil misal dalam jangka waktu 5 tahun Anda menyewa rumah, dengan biaya per tahun Rp 20 jutaan maka tidak terasa uang yang melayang Rp 100 jutaan. 

Sangat besar sehingga rugi jika pasangan baru menyewa rumah dalam jangka panjang. Berikut catatan kelemahan menyewa rumah.

Harga Sewa Rumah Naik Sepanjang Bertambahnya Waktu

Tinggal di rumah kontrakan harus sementara saja. Jangan menyewa rumah dalam jangka panjang. Pasalnya, dana yang dikeluarkan buat bayar sewa seperti menguap tanpa hasil. 

Ditambah lagi, semakin bertambahnya waktu biaya sewa akan semakin tinggi. Misalnya pada awal menyewa biayanya Rp 20 jutaan. 

Namun di tahun kedua bisa menanjak naik menjadi Rp 23 jutaan per tahun. Alhasil, semakin lama jangka waktu menyewa rumah maka biaya yang dikeluarkan semakin besar. 

Jadi rugi besar menyewa rumah dalam jangka waktu yang lama. Ditambah lagi dana yang dikeluarkan tidak menghasilkan apa pun. Unit rumah tidak jadi hak milik.

Tidak Bisa Leluasa Mengelola Rumah Kontrakan

Rumah kontrakan tentu bukan hak milik penyewa. Alhasil, penyewa tidak bisa leluasa mengatur unit rumah. 

Seperti ganti cat tembok, memasang kanopi, dan lainnya. Jadi tidak bisa leluasa dalam inovasi interior dan eksterior rumah. 

Bahkan ketika unit rumah sebagian ruangnya rusak sedikit, maka pihak yang punya hunian lama proses renovasinya. 

Sisi lainnya, si penyewa biasanya yang merenovasi sehingga harus keluar biaya. Alhasil,  menyewa rumah memang banyak kelemahannya.

Keamanan Tidak Terjamin

Tinggal di rumah kontrakan memang tidak terjamin keamanannya. Pasalnya lokasi rumah berada di pemukiman umum. 

Jadi tidak ada jaminan keamanan seperti satpam. Ditambah lagi, semua orang bisa masuk ke dalam lingkungan pemukiman.

Alhasil aset di teras rumah kontrakan atau di dalam rumah bisa digasak oleh pencuri atau perampok. Dengan rendahnya tingkat keamanan maka tinggal di rumah kontrakan pun jadi tidak nyaman. 

Nah dari pada menyewa rumah dalam jangka panjang, sebaiknya beli rumah dengan harga yang lebih terjangkau. 

Di Bogor masih banyak perumahan yang menawarkan unit rumah baru dengan harga terjangkau. Dari pada keluar dana Rp 100 jutaan buat menyewa rumah selama 5 tahun, sebaiknya dana Rp 100 jutaan tersebut digunakan untuk bayar uang muka kredit rumah di Bogor.

Dana tersebut sudah sangat pas buat bayar uang muka. Dengan sistem kredit rumah di Bogor ini, Anda sudah punya rumah baru di Bogor yang bagus. 

Keluarga pun bakal lebih senang dan harmonis. Anda sudah dipastikan punya aset berharga berupa rumah baru.

Jadi dari pada lama tinggal di rumah kontrakan, lebih baik beli rumah di Bogor dengan sistem kredit. Konsekuensinya adalah setiap bulan Anda harus bayar cicilan rumah.

Nah bagi Anda yang ingin beli rumah di Bogor terbaik, strategis, dan lokasi emas sebaiknya hubungi agen properti terpercaya Prime360. Anda bakal diberi rekomendasi rumah baru di Bogor murah, sekalian survei lokasi unit. (AS)

ImgWaNow