Rekomendasi Tanaman yang Cocok untuk Membuat Taman Vertikal 

Diposting pada 24 August 2022

Taman Vertikal -  Lahan semakin lama akan semakin menyempit. Khususnya lahan di wilayah kota besar, seperti Jakarta, Bali, Surabaya, Yogyakarta, Depok, Tangerang dan Bogor. 

Lahan di wilayah kota sudah banyak dialokasikan untuk pembangunan gedung. Seperti pusat perkantoran, pusat perbelanjaan, kota mandiri, hingga komplek perumahan. 

Alhasil, lahan di perkotaan semakin sempit. Dengan lahan yang sempit, maka di beberapa kota besar sudah banyak muncul hunian vertikal seperti apartemen. 

Bahkan tidak hanya hunian yang dibuat vertikal, sempitnya lahan membuat masyarakat perkotaan membuat taman vertikal. 

Apa Itu Taman Vertikal?

Taman vertikal mungkin terdengar aneh. Namun, tren taman vertikal di kota semakin merebak. Jadi, taman vertikal adalah taman yang dibuat pada bidang yang tegak.

Jaika taman biasa merupakan tanaman yang ditanam pada bidang yang datar atau membujur, maka taman vertikal memanfaatkan bidang berdiri tegak. Seperti tembok rumah. 

Tren taman vertikal merupakan solusi membuat lahan hijau di tengah sempitnya lahan. Jadi, dengan adanya taman vertikal, hunain jadi lebih asri. 

Tembok rumah yang asalnya kosong, berubah jadi lebih hijau. Taman vertikal juga bisa menjadi pemandangan yang menyejukkan mata.

Ditambah lagi, untuk membuat taman vertikal tidak dibutuhkan lahan pekarangan yang luas. Jadi, di lahan yang sempit taman vertikal bisa dikembangkan dengan baik.

Manfaat Taman Vertikal

Saat pandemi Covid -19 melanda dan banyak orang yang bekerja di rumah, tren membangun taman vertikal naik secara signifikan.

Dengan adanya taman vertikal di rumah, maka  ada banyak sekali keuntungan yang didapat. Berikut merupakan daftar manfaat taman vertikal.

Rumah Jadi Lebih Teduh dan Asri

Taman vertikal dapat menjadikan hunian jadi lebih teduh dan asri. Di sisi lain, rumah jadi lebih hidup. Ahasil, tinggal di rumah jadi lebih nyaman dan menyenangkan. 

Menambah Kecantikan dan Estetika Rumah

Rumah tanpa taman tentu terasa gersang. Di sisi lain dengan adanya taman vertikal, tampilan rumah jadi lebih rapi, indah, dan cantik. 

Udara Lingkungan Rumah Lebih Bersih

Tanaman yang berada di taman vertikal, bisa menjadi sumber udara yang segar dan bersih. Dengan udara bersih, maka kesehatan semua anggota keluarga bakal lebih baik. 

Rekomendasi Tanaman yang Cocok untuk Membuat Taman Vertikal 

Nah, bagi Anda yang mau membuat taman vertikal, jangan sembarangan pilih tanaman. Nah, berikut tanaman yang cocok untuk membuat taman vertikal. 

Bromelia

Bromelia merupakan tanaman yang cantik sekali. Khususnya bagian daunnya yang berwarna-warni. Mulai  dari warna hijau hingga warna merah. 

Alhasil, jika ditanam pada taman vertikal, maka akan memunculkan kesan yang indah dan cantik. Spesialnya lagi, Bromelia hanya membutuhkan ruang. Alhasil, sangat cocok sekali buat taman vertikal. 

Golden Pothos

Ciri khasnya Golden Pothos adalah daunnya yang berwarna hijau. Ditambah lagi, Golden Pothos merupakan tanaman yang merambat. 

Jadi, akan terlihat subur dan lebat. Alhasil, tembok yang digunakan untuk taman vertikal akan terlihat indah sekali. 

Tanaman Paku

Nah, jika butuh tanaman yang cepat tumbuh lebat, maka tanaman paku adalah pilihan yang paling tepat. Jadi, proses membuat taman vertikal jadi lebih cepat.

 Itu lah manfaat taman vertikal dan jenis tanaman yang cocok untuk dibudidayakan pada taman vertikal. Tentunya, sebelum membuat taman vertikal wajib punya hunian. Nah, bagi Anda yang ingin memiliki rumah di Bogor, segera hubungi agen properti terpercaya Prime360. (AS)

 

ImgWaNow