Tips Beli Rumah di Bogor yang Aman dan Jauh dari Risiko Penipuan

Diposting pada 19 September 2022

Beli Rumah di Bogor – Beli rumah buat keluarga adalah impian banyak orang. Apalagi bagi generasi milenaial, punya rumah merupakan capaian hidup yang luar biasa. 

Pasalnya generasi milenial dan generasi setelahnya punya banyak tantangan buat beli rumah. Seperti masalah harga rumah yang melompat lebih tinggi dibanding gaji. 

Alhasil meskipun sudah bekerja bertahun-tahun bakal sulit buat beli rumah di perkotaan yang harganya sudah melangit. Kalau untuk unit rumah di desa, peluang untuk memiliki rumah tentu lebih besar. Namun harus siap dengan risiko jauh dari fasilitas umum dan keramaian. 

Oleh karena itu, harus kerja lebih keras atau jadi pengusaha yang sukses supaya bisa beli rumah di perkotaan yang dekat fasilitas umum sehingga keluarga lebih bahagia. 

Tips Beli Rumah di Bogor yang Aman dan Jauh Dari Risiko Penipuan

Buat milenial, kota yang nyaman buat tempat tinggal memang banyak. Namun yang nyaman buat tempat tinggal ketika masih muda atau kelak ketika masa pensiun cuma sedikit. 

Salah satu kota yang nyaman buat menikmati masa muda dan masa pensiun adalah Bali, Jogja, dan Bogor. 

Buat milenial yang bekerja di wilayah Jabodetabek, wilayah Bogor adalah pilihan yang tepat. Masih banyak pepohonan hijau, destinasi wisata, dan segala fasilitas publik lengkap. 

Segala kebutuhan dan keinginan bisa diakses lebih cepat ketika tinggal di Bogor. Oleh karena itu, beli rumah di Bogor adalah keputusan yang tepat dan menguntungkan dalam jangka pendek dan jangka panjang. 

Nah buat milenial yang sudah punya dana hasil menabung bertahun-tahun dan ingin beli rumah di Bogor harus hati-hati. 

Selalu selektif dan berjaga-jaga supaya tidak terkena tipu saat membeli unit rumah. Selalu ajak keluarga yang sudah berpengalaman supaya jauh dari potensi terkena tipu yang merugikan. 

Pasalnya Anda sudah kerja keras mengumpulkan uang untuk beli rumah impian, jadi jangan sampai dana Anda jatuh ditangan orang-orang yang tidak bertanggung jawab  atau tidak bermoral. 

Berikut tips beli hunian di Perumahan Bogor yang aman dan jauh dari risiko terkena penipuan, yuk simak dan praktikkan. 

Pastikan Legalitas Unit Rumah

Beli rumah termasuk beli unit yang berharga, sehingga urusan administrasi adalah hal yang sangat penting. 

Oleh karena itu, Anda sebagai pembeli harus cek administrasi unit rumah. Misal Anda beli hunian di perumahan yang dibangun developer. 

Pastikan bahwa developer mengantongi izin. Kemudian developer sudah mengantongi surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dan urusan administrasi lainnya. 

Pastikan bahwa lahan atau rumah yang dibeli bebas dari sengketa, sehingga kedepannya unit rumah aman dari konflik. 

Di sisi lain, saat beli unit rumah dari orang pribadi bukan developer pastikan bahwa unit rumah memiliki Sertifikat Hak Milik (SHM). 

Bekerjasama Dengan Notaris

Proses pembelian rumah baik dengan pihak pribadi atau badan hukum seperti developer harus jelas dan transparan. 

Proses pembelian harus tercatat oleh notaris, sehingga setiap transaksi keuangan dan administrasinya tercatat hitam di atas putih. 

Alhasil, antara penjual dan pembeli sama-sama enak. Pembeli akan merasa lebih aman segala hal terkait pembelian juga bisa lebih lancar.

Itu lah beberapa tips agar proses membeli perumahan di Bogor aman dan jauh dari risiko penipuan. Bagi Anda yang hendak beli rumah di Bogor, silahkan cek rumah-rumah bagus di situs Rumah Bogor atau hubungi kami untuk proses pembelian rumah terbaik.  (as)

ImgWaNow