Tips Beli Rumah Pertama di Bogor yang Nyaman dan Aman

Diposting pada 21 December 2022

Beli rumah pertama – Beli rumah memang hal yang luar biasa memuaskan. Dengan memiliki rumah pribadi, rasanya kebahagiaan berlipat ganda. 

Apalagi rumah jadi hunian keluarga, tentu kebahagiaan akan dirasakan oleh semua anggotanya. Jadi hidup terasa lebih menyenangkan. 

Di sisi lain, punya rumah merupakan  sebuah pencapaian yang keren. Bahkan rumah mengandung nilai prestise. 

Alhasil ada yang dibanggakan di hadapan orang tua, keluarga besar, tetangga, hingga kawan-kawan. 

Jadi buat Anda yang berniat beli rumah, segera tebus unit rumah sekarang juga. Mumpung di Bogor banyak developer yang menawarkan unit rumah dengan fasad keren dan lingkungan yang bagus. 

Nah bagi Anda yang ingin beli rumah perdana di Bogor, sebaiknya meminta bantuan keluarga terdekat. Tujuannya supaya jauh dari hal-hal negatif, seperti pencurian. 

Tips Beli Rumah Pertama

Beli rumah pertama memang jadi momen yang menyenangkan. Akan tetapi harus hati-hati, karena belum pernah beli rumah. 

Soalnya beli rumah adalah hal yang bertahap. Bahkan kadang cenderung rumit ketika mengajukan kredit pemilikan rumah (KPR). 

Oleh karena itu, harus mengajak keluarga atau kawan yang sudah berpengalaman. Nah buat Anda yang mau beli rumah perdana atau untuk pertama kalinya, yuk simak tips berikut agar rumah yang didapatkan bagus dan nyaman. 

Cek Lokasi Rumah

Beli rumah pertama buat yang pengalaman memang tantangan baru. Nah hal yang patut dipastikan buat beli rumah pertama adalah beli unit yang lokasinya strategis.

Dekat dengan fasilitas umum. Seperti perbankan, rumah sakit, pusat perbelanjaan, dan layanan transportasi. 

Jadi rumah yang pertama kali dibeli, punya akses yang dekat dengan fasilitas umum. Lebih enak dan nyaman. 

Ditambah lagi, unit rumah juga berpotensi jadi aset investasi. Nilai ekonominya tinggi di masa depan. 

Cek Kelengkapan Surat Rumah

Untuk menghindari hal-hal yang merugikan di masa depan, pastikan juga surat menyurat rumah lengkap. Tidak ada yang kurang. 

Seperti surat izin mendirikan bangunan (IMB), AJB terakhir, dan surat bukti pembayaran PBB rumah. Pastikan semua surat tersebut lengkap.

Jadi kedepannya rumah yang Anda beli aman dan jauh dari hal-hal negatif. Seperti digugat oleh pihak lain. 

Jangan sampai asal beli rumah tanpa Tanya sertifikat dan lainnya. Soalnya tanpa sertifikat yang lengkap, maka kepemilikan rumah dimata hukum jadi lemah. 

Oleh karena itu, jangan ambil risiko. Lebih baik sabar pilih rumah yang benar-benar lengkap surat-menyuratnya sehingga kepemilikan rumah jadi lebih jelas.

Pilih Rumah yang Anti Banjir

Selain cek kelengkapan surat menyurat rumah, pastikan juga lingkungan rumah yang hendak ditebus aman dari banjir. 

Jadi tata kelola lingkungan rumah yang hendak dibeli bagus. Seperti di lingkungan perumahan yang ada sumur resapan.

 Alhasil pas hujan deras, air bisa langsung terserap ke dalam sumur resapan sehingga tidak ada genangan di area perumahan. 

Selain sumur resapan, pilih juga rumah yang lingkungannya ada danau buatannya. Alhasil punya penampungan air alami. 

3 tips ini bisa dipraktikkan saat Anda hendak beli rumah perdana. Jangan lupa ajak keluarga terdekat yang sudah pengalaman beli rumah. 

Dengan ajak keluarga yang sudah pengalaman, dijamin proses pembelian bisa lancar. Jangan lupa juga untuk selalu sabar, pilih unit yang sertifikatnya lengkap. 

Proses pembelian rumah di Bogor pun lebih mudah dan cepat dengan membuka situs rumahbogor.id. Bisa juga dengan menghubungi agen properti digital Prime360. (AS)

ImgWaNow