Tips Rumah Hemat Listrik Biar Tagihan Lebih Ringan

Diposting pada 11 January 2023

Rumah hemat listrik – Beli rumah dengan skema kredit pemilikan rumah (KPR) harus menyiapkan dana cicilan setiap bulan. Proses membayar cicilan pun harus tepat waktu. Jika dalam jangka waktu lama tidak bayar cicilan, bisa dicap gagal bayar oleh pihak bank. 

Alhasil saat memutuskan beli rumah dengan skema KPR maka harus selalu punya pendapatan setiap bulan. Sebagian pendapatan untuk bayar cicilan KPR. Kemudian sisanya untuk biaya hidup, mulai dari biaya transportasi, biaya konsumsi, dan bayar tagihan tagihan listrik.

Oleh karena itu, jika masih punya kewajiban KPR yang mesti dibayar maka harus pintar-pintar mengelola keuangan. Jangan boros-boros menggunakan pendapatan untuk hal-hal yang tidak perlu banget.

Apalagi harga bahan kebutuhan rumah tangga juga semakin naik. Jadi harus pintar juga cari pendapatan tambahan buat menutupi pengeluaran yang semakin besar. 

Di sela menambah pendapatan, tidak ada salahnya juga untuk melakukan proses penghematan.  Seperti penghematan penggunaan air, agar tagihan air tidak membengkak.

Kemudian pengamatan dalam hal penggunaan listrik di rumah. Supaya tagihan listrik bisa ditekan, jadi pengeluaran untuk bayar air dan listrik di rumah bisa lebih murah. 

Berikut tips rumah hemat listrik yang  bisa Anda praktikkan

Kurangi penggunaan AC

Tinggal di iklim tropis seperti Indonesia memang panasnya menyengat. Ruangan rumah pun kadang panas. 

Alhasil solusi paling cepat dan tepat adalah menggunakan pendingin ruangan (AC) supaya rumah lebih adem. Aktivitas atau istirahat di rumah berubah jadi lebih nyaman. 

Masalahnya penggunaan AC yang berlebihan membuat tagihan listrik jadi lebih tinggi. Biaya pengeluaran untuk bayar listrik pun membengkak. 

Biar tagihan biaya listrik bisa ditekan maka harus kontrol penggunaan AC. Memaksimalkan fungsi ventilasi rumah, seperti jendela. Jadi sirkulasi udara lebih lancar, rumah pun lebih adem. 

Jika sistem ventilasi rumah buruk maka renovasi sistem ventilasinya. Ganti jendela yang kecil menjadi jendela yang lebih besar sehingga sirkulasi udara rumah lebih lancar. Angin pun masuk ke dalam rumah sehingga hunian lebih asri.

Cabut kabel yang tidak fungsi di stop kontak

Hal ceroboh yang sering dipraktikkan adalah tidak mencabut kabel  yang tidak berfungsi di stop kontak. Hal ini terjadi biasanya pada penggunaan kabel charger ponsel pintar atau komputer jinjing. 

Saat pengisian baterai ponsel pintar atau komputer jinjing sudah penuh seharusnya kabel charger tersebut dilepas dari stop kontak.  Soalnya jika tetap menempel maka penggunaan listrik tetap berjalan. 

Alhasil jika charger ini menempel terus di stop kontak maka tagihan listrik pun akan naik. Oleh karena itu, pasca digunakan sebaiknya colokan charger dilepas dari lubang stop kontak.  Dengan praktik hal-hal kecil seperti ini maka tagihan listrik di rumah bisa ditekan dengan baik.

Kurangi penggunaan mesin cuci

Tips untuk menghemat listrik selanjutnya adalah membatasi penggunaan mesin cuci. Toh mencuci baju bisa dengan cara manual.

Dengan mencuci pakaian secara manual, maka daya listrik yang digunakan lebih rendah. Alhasil tagihan listrik bisa ditekan.  

Tiga tips sederhana agar rumah hemat listrik ini bisa Anda praktikkan sekarang juga. Dijamin tagihan listrik akan semakin hemat. Buat Anda yang ingin beli rumah di Bogor, yuk hubungi agen properti digital Prime360. (AS)

 

ImgWaNow